Cara membersihkan Virus RAMNIT ,

Memang Virus Ramnit adalah Virus yang sangat cepat penularannya , tetapi bagaimanapun hebatnya sesuatu pasti ada kelemahannya…. :)

Disini saya akan menjelaskan dengan tuntas bagaimana Virus ramnit bekerja… sekaligus cara mengatasinya…
Virus Ramnit.. :
  1. Virus yang menginjeksi file .html , .exe dan .dll
  2. Virus yang menular melalui removable disk ( UFD ) dengan cara mengcopy file .cpl dan .exe yang selalu bertambah dan berubah-ubah namanya.Yang tepatnya file tersebut berada di dalam folder Recycler… dan 4 file shortcut copy of yang akan menjalankan file *.cpl infektor yang terdapat di folder recycler UFD.
  3. Bila Virus tersebut telah meng-infeksi system komputer , virus tersebut akan membuat dan menjalankan file svchost.exe yang akan melakukan berbagai hal: a. membuat file bernama : watermark.exe yang bertempat di folder : C:\programfiles\mikrosoft\watermark.exe. b. merubah  registry userinit.exe mejadi menjalankan : watermark.exe , sehingga virus tersebut menguasai sistem secara permanen , dengan cara menginfeksi file berekstensi .exe , . dll dan .html
  4. Jika di properties , UFD akan terlihat banyak terpakai oleh file .cpl dan .exe di folder recycler.
Efeknya:
  1. Virus ramnit akan membuat file program tidak berjalan dengan normal , misalnya: mozilla firefox , winamp dll
  2. kita tidak bisa menghapus file watermark.exe yang ada difolder c:\programfiles\microsoft\watermark.exe , dikarenakan file tersebut dikunci oleh file svchost.exe-nya virus ramnit.
  3. bila kita hapus file / folder yang ada didalam folder recycler UFD , file .cpl dan .exe akan muncul kembali.. dan terus menulis kembali…
  4. untuk system yangtelah terinfeksi file tertentu.. misalnya : explorer.exe akan digantikan explorermgr.exe
  5. bila kita membersihkan virus ini tidak tuntas ( ada yang belum dibersihkan ) , Virus ini akan kembali bila kita menjalankan  aplikasi ( misalnya : klik kanan ).
Cara membersihkannya:
  1. Siapkan cleaner Anti Virus ( saya menggunakan NOD32 stand alone ) dengan cara >download disini< dan simpan dalam bentuk file zip / RAR agar file exe tersebut tidak terinfeksi virus.
  2. Simpan file tersebut di UFD atau copy paste di harddisk komputer yang telah terinfeksi.
  3. Gunakan task manager , pilih task / tab processes dan end task semua file svchost.exe dan juga semua yang bisa di end task ( kecuali : task managernya )
  4. Open file cleaner NOD32 yang sudah berbentuk zip /RAR , dengan menggunakan file open di task manager.Rubah pilihan program di open file menjadi allfiles agar file zip / rar dari NOD32 bisa terlihat.
  5. setelah teropen NOD32 dengan winrar atau aplikasi lainnya.. silakan dobel klik file nod*.exe setelah next…next dipilihan action , sebelah kiri pilih Clean dan sebelah kanan pilih delete.Lalu jalankan Scan & clean
  6. setelah berjalan close / tutup winrar / aplikasi yang dibuat membuka NOD32 zip / RAR.
  7. Silakan diawasi dengan task manager bila ada file svchost.exe keluar / tampil di processes segera di end task… dan seperti biasa bila ada tampilan windows yang memperingatkan bahwa komputer akan shutdown dalam waktu 60 detik / 1 menit…. silakan ketik di menu file open /run : shutdown -a    yang artinya -a adalah perintah shutdown untuk membatalkan aksinya…
  8. Peringatan!!!!!   , disaat NOD 32 membersihkan file di komputer anda , jangan sampai membuka / menjalankan file apapun… karena jangankan menjalankan file exe , kita klik kanan aja sudah berarti menjalankan virus / svchost.exe-nya Virus Ramnit.
  9. Ingat… yang perlu kita jaga adalah : mematikan / end task file svchost.exe selama NOD32 membersihkan file di komputer kita…..
Antisipasi Virus RAmnit:
Untuk menjaga Virus sejenis ramnit agar tidak kembali meng-infeksi komputer kita… disini saya sertakan berbagai trik… diantaranya:
  1. Matikan autorun.inf windows bisa berbagai macam cara : dengan menggunakan gpedit.msc>>administrative template>>turn off auto play>>enable>>alldrive 
  2. Rubah beberapa ektensi file yang berpotensi digunakan oleh virus dengan assosiasi file ( misalnya: assoc .vbs=txtfile ) terutama untuk Virus ramnit adalah ekstensi .cpl
  3. Hapus selalu folder recycler didalam UFD , bila tidak bisa ada kemungkinan komputer kita terinfeksi Virus…
  4. Dan hapus dengan menggunakan mini windows Xp ( hiren BOOt CD ) atau system berbasis linux , folder recycler dan _restore yang ada di folder systeminformation
  5. Install Anti virus dengan Update database terbaru… dan usahakan anti virus tersebut diupdate databasenya.. baik secara online ataupu offline.. :)

Cara lain untuk menghapus memakai AntiVirus Norton Internet Security 2012 , Saya sudah memakai dan hasilnya "Virus Ramnit" Hilang.. :)


Nih Link nya ...
http://tinypaste.com/30cfac

Pass : carboonj.blogspot.com




Install:

1. Jalankan "NAV-ESD-19-1-0-28-EN.exe"
2. Klik  "Install"  untuk menginstal aplikasi
3. Klik "Crack" dan gunakan aktifasi
4. Enjoy!


 

Copyright © More Than Just Information Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger