Wow, Ada Formasi Salju Indah Di Goa Eisriesenwelt


Inilah goa es yang begitu menakjubkan. Goa Eisriesenwelt adalah goa es purba terbesar di dunia yang sudah terbentuk sejak 100 juta tahun lalu. Dinginnya es tidak terasa kala berada di dalamnya yang bagai kubah raksasa, terutama pada musim dingin.





Eisriesenwelt terbentuk dari kikisan bebatuan kapur yang terkena air sungai Salzach. Akhirnya, muncullah retakan-retakan yang kelamaan membesar. Air sungai itu masuk melalui celah-celah yang terbentuk dan membuat pengikisan makin dalam. Hingga, terbentuklah goa indah yang bisa dinikmati saat ini.




Panjangnya mencapai 42 kilometer. Wisatawan hanya diperbolehkan menjelajah di kilometer pertama saja yang tertutup salju tebal. Sisa panjang goa dipenuhi oleh bebatuan kapur.


Salju dalam goa ini bisa bertahan sepanjang tahun. Musim panas tidak lantas membuatnya mencair dan hilang. Pasalnya, saat musim panas, angin dingin dari goa terjebak di dalam sehingga memungkinkan es tidak mencair. Sedangkan, saat musim dingin, angin dingin semakin menguat suhunya. Salju tersebut membentuk berbagai formasi yang indah.




Eisriesenwelt berada di Werfen, Austria. Lokasinya berada 40 kilometer selatan Salzburg. Penemunya adalah Anton Posselt, ilmuwan dari Salzburg, di tahun 1879. Awalnya, oleh penduduk setempat, goa Eisriesenwelt dianggap sebagai pintu neraka. Mereka tidak mau memasukinya. Namun, kini Eisriesenwelt menjadi daya tarik wisata dari negara Austria.


exelroze.info
 

Copyright © More Than Just Information Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger