Ekspedisi Menuju Pluto Menggunakan Wahana Antariksa New Horizons



 posisi wahana saat ini

posisi wahana dalam roket peluncur


 foto peluncuran dari jarak jauh:


 foto peluncuran dari jarak dekat:



Pluto merupakan planet katai terbesar di sistem matahari kita sejauh ini.
Banyak yang tidak diketahui tentang planet ini. Untuk itu NASA mengirim wahana antariksanya untuk menelusuri fakta fakta yang terkandung di dalamnya.
Wahana tersebut bernama NEW HORIZONS
New Horizons adalah nama sebuah wahana antariksa tak berawak NASA yang dirancang untuk terbang melewati Pluto dan bulan/satelit-satelitnya. New Horizons diharapkan akan dapat mengirimkan foto-foto Pluto dan satelitnya dari jarak dekat. Wahana ini memiliki berat sebesar hampir 500 kilogram.

New Horizons dijadwalkan akan melintasi seluruh bagian tata surya selama sembilan tahun sebelum terbang ke Pluto dan satelitnya, Charon, pada 2015. Jika berhasil, New Horizons akan menjadi pesawat pertama yang mengunjungi planet tersebut. Di dalam New Horizons terdapat tujuh peralatan ilmiah yang dirancang untuk memberikan berbagai petunjuk mengenai keadaan permukaan Pluto, susunan dalam, serta atmosfernya.

Selain melintasi Pluto, para perencana misi ini juga berharap NASA menyetujui rencana penerbangan lanjutan melewati Objek Lingkaran Kuiper (Kuiper Belt Object) dan mengirimkan data tambahan.

New Horizons awalnya direncanakan dapat diluncurkan pada 11 Januari 2006, namun ditunda hingga 17 Januari (lalu kemudian ditunda lagi hingga 19 Januari 2006) agar beberapa pengujian lanjutan dapat dilakukan terhadapnya. Peluncurannya dilaksanakan menggunakan sebuah roket Atlas V.


Dengan kecepatan 16,26 km/s wahana ini membutuhkan waktu 10 tahun untuk sampai di pluto yang berjarak 3.000.000.000 mil atau sekitar 4.828.020.000 km dari bumi.


sumber : http://iniunic.blogspot.com/2013/01/ekspedisi-menuju-planet-pluto.html#ixzz2H0e3oKZQ
 

Copyright © More Than Just Information Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger