7 Destinasi Top Dunia Tahun 2013



img(MYIAW.com) Jakarta - Sudahkah Anda membuat jadwal traveling untuk tahun 2013 ini? Jika belum, 7 destinasi di dunia ini dapat mengisi agenda perjalanan Anda selanjutnya. Ada trekking di gunung bersalju hingga pagelaran musik selama setahun penuh!

Ketujuh destinasi ini memiliki pesona masing-masing. Tinggal pilih, Anda mau jalan-jalan ke hutan rimba, melihat bangunan bersejarah, atau datang ke negara yang memiliki ratusan acara budaya dalam satu tahun. Tujuh tempat ini memang bukan tempat yang 'baru'. Tapi, mudahnya rute penerbangan dan pertumbuhan fasilitas pariwisata yang meningkat memudahkan Anda untuk melancong ke sana.

Dikutip dari CNN Travel, Rabu (2/1/2013), berikut 7 destinasi top dunia untuk dikunjungi tahun 2013:

1. Skotlandia, Britania Raya

Bagi traveler penggemar film James Bond, pasti tahu tentang Glen Etive atau yang lebih dikenal dengan sebutan Skyfall. Ya, Skyfall adalah tempat Bond dilahirkan dan menghabiskan masa kecilnya. Kawasan tersebut memiliki panorama alam yang memanjakan mata.

Kawasan Glen Etive memiliki jejeran gunung yang terlihat cantik. Anda bebas untuk trekking di gunung-gunung yang ada di sini. Siap-siap terpesona dengan pemandangan berupa kabut, tanah yang berwarna cokelat, dan rerumputan yang hijau. Siapkan juga jaket yang tebal karena udara di sini cukup dingin.

Selain itu, Skotlandia punya beragam acara menarik di tahun 2013. Ada The Dumfires & Galloway Wildlife Festival 2013 (29 Maret-14 April 2013) bagi para pecinta alam dan lingkungan hidup, Heb Celt 2013 Music festival (17-20 Juli 2013), Scottish Food and Drink Fortnight (7-22 September 2013), dan The Open Championship Golf Tournament (14-21 Juli).

Negara Skotlandia kalau ditotal, 750 km panjangnya, bisa ditelusuri dengan berjalan kaki. Tak percaya? Sekarang ada trek baru bernama Gore-Tex Scottish National Trail. Jalur ini membentang dari perbatasan Skotlandia-Inggris menuju Cape Wrath. Traveler akan melewati danau-danau berair super jernih, dengan banyak rute pilihan seperti West Highland Way dan Rob Roy Way.
img2. Rabbat, Maroko

Daratan Afrika terkenal dengan Tanzania, Kenya, atau Mesir sebagai destinasi favorit bagi traveler. Ternyata, Anda juga bisa berkunjung ke Kota Rabbat di Maroko, bagian Afrika Utara. Sebabnya, kota ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada Juli 2012.

Salah satu alasan Rabbat menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO adalah perpaduan timur dan barat, kuno dan modern dalam satu kota. Banyak traveler menyebut, Rabbat adalah gabungan kota kuno Muslim dengan modernitas ala barat. Buktinya, Masjid Hassan dan kawasan Medina masih memanjakan traveler dengan pasar tradisional Muslim, juga menghadap langsung ke Samudera Atlantik yang indah.

Di samping itu, terdapat kawasan dengan bangunan-bangunan berarsitektur Prancis dengan jalanan yang lebar. Anda bisa bersantai dan menikmati atmosfer kota dari kafe-kafe yang nyaman.

Kota Rabbat pun makin memanjakan traveler. Jalur trem baru telah dibangun menuju kota tetangganya yakni Sale, yang punya sebuah bandara baru. Hal ni tentunya memudahkan traveler untuk datang ke sana.
img3. Kosice, Slovakia

Kota Kosice di Slovakia adalah surganya bagi traveler penikmat budaya Eropa. Tahun ini, kota di timur Slovakia ini dipilih sebagai European Capital of Culture, bersama Kota Marseille di Perancis.

Ada 300 pagelaran budaya selama tahun 2013 di kota ini. Upacara pembukaan ECOC (European Capital of Culture) akan dimulai tanggal 19-20 Januari. Nantinya, acara akan berlangsung tersebar di seluruh kota, mulai dari panggung teater, jalan-jalan utama, hingga restoran dan kafe. Festival musik, teater, dan pertunjukan seni budaya Hungaria dan Slovakia dapat Anda nikmati selama tahun 2013 di kota ini.

Pagelaran seni budaya akan digelar di seluruh kota, mulai dari State Theater sampai Jalan Hlavna, hingga beberapa kelab dan restoran. Traveler bisa menikmati pagelaran-pagelaran budaya ini sambil berjalan kaki di pedestrian. Melewati katedral gothik St Elisabeth dan mencicipi Kosice Gold. Itu adalah minuman cocktail khas Kota Kosice. Ssst! Resepnya rahasia lho!

4. Sub-sahara Afrika

Bagi para petualang alam rimba, jangan lewatkan wilayah sub-sahara Afrika pada tahun 2013 ini. Anda bisa bertualang ke daratan Tanzania dan bertemu satwa-satwa liar, trekking ke Gunung Kilimanjaro, atau bermain ke pantai pasir putih di Mombasa, Kenya.

Di tahun 2013, sebuah maskapai bernama Fastjet akan memudahkan perjalanan Anda untuk menjelajahi Afrika. Fastjet adalah maskapai bujet untuk penerbangan ke wilayah-wilayah Afrika lainnya. Fastjet yang berbasis di Dar es Salaam, Tanzania, kini melakukan penerbangan ke kaki Gunung Kilimanjaro dan ke Mwanza di sebelah selatan Danau Victoria yang terkenal.

Tahun ini, Fastjet juga dijadwalkan akan terbang ke Ghana dan Luanda, Angola, Entebbe di Uganda dan ke resor pantai Zanzibar di Tanzania dan Mombasa di Kenya. Maskapai ini juga akan mendirikan basis baru di Nairobi pada awal tahun ini.
img5. Gettysburg, AS

Gettysburg di Pennysylvania, merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Negeri Paman Sam. Di tempat ini, Anda bisa melihat beberapa lokasi yang menjadi saksi bisu dalam pembantaian yang pernah terjadi di tahun 1863. Bangunan dan meriam tua pun dapat Anda jumpai di sana.

Mulai 28 Juni-7 Juli 2013 akan digelar beberapa pertunjukan terkait sejarah perang AS, termasuk US Civil War History. Traveler juga bisa menyaksikan pertunjukan tentang Hari Kemerdekaan (Independence Day) AS yang jatuh pada tanggal 4 Juli. Pertunjukan ini akan digelar di Gettysburg National Military Park.

img
6. Amsterdam, Belanda

Ada yang spesial di Kota Amsterdam pada tahun 2013 ini. Kota Amsterdam akan merayakan banyak pesta ulang tahun, seperti peringatan ulang tahun ke-160 Vincent Van Gogh, salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Perayaan tersebut akan berlangsung pada tanggal 30 Maret 2013. Akan ada pameran dan jam buka khusus Museum Van Gogh saat itu.

Selain itu, ada juga peringatan 125 tahun orkestra terbesar dunia, yaitu Royal Concertgebouw Orchestra. Pada tanggal 10 April 2013, orkestra ini akan menggelar '125 Years Concertgebouw Orchestra dan Royal Concertgebouw Orchestra'.

Ada juga perayaan 400 tahun untuk kanal Kota Amsterdam, kebun binatang Royal Zoo yang berusia 175 tahun, serta Rijksmuseum National Museum yang telah selesai direnovasi selama 10 tahun dan akan dibuka pada tanggal 13 April nanti. Wah, ada banyak pesta di Amsterdam!

7. Kolombia

Kolombia terkenal dengan Pegunungan Andes yang menawan. Tahun ini, dengan adanya hotel-hotel seperti Hilton, InterContinental, dan Marriot, serta dibukanya rute baru penerbangan langsung ke Kolombia akan memudahkan wisatawan untuk datang.

Tahun 2013 ini, Bogota, ibukota Kolombia, didesain sebagai calon City of Music UNESCO. Kota ini memang memiliki pertumbuhan seni musik yang cepat dan dinamis sebagai pusat utama pembuatan dan aktivitas musik di Amerika Latin.

Untuk itu, pegelaran konser musik dan festival akan berlangsung di Bogota sepanjang tahun ini, dari pertunjukan di taman publik sampai pertunjukan musik di kelab. Selain itu, akan diadakan juga Bogata International Music Festival yang pertama kali pada tanggal 27-30 Maret 2013. 55 Konser musik dalam pagelaran selama 4 hari itu didedikasikan seluruhnya untuk Beethoven.

MYIAW.com
 

Copyright © More Than Just Information Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger