RoboCup, Siap Melawan Manusia Ditahun 2050

RoboCup. Sepintas nama ini terngiang mirip dengan tokoh superhero Robocop. Tapi kali ini, yang jadi superhero adalah robot-robot mungil di lapangan sepakbola. Inilah RoboCup... kompetisi sepakbola untuk para robot!

RoboCup dicetuskan pertama kali di Jepang pada tahun 1996. Sejak saat itu, kompetisi ini terus diadakan setiap tahun, diikuti oleh mahasiswa dan peneliti dari seluruh dunia yang menerjunkan tim terbaiknya. Event selengkapnya bisa dicek di sini 

RoboCup - Robot Sepakbola 

Kostum

Para robot ini memakai ikat penggang sebagai kostum pembeda. Jika pemain sepakbola seperti Balotelli bisa di-kartu kuning gara-gara merayakan gol dengan melepas kostum, rasanya sang robot akan sulit melakukannya.



RoboCup - Robot Sepakbola 

Mirip gerakan manusia

Laiknya pemain sepakbola di lapangan hijau, para robot ini juga mahir memperagakan aksi berebut bola. Lihat juga bagaimana robot kiper dalam foto di bawah ini menahan bola dengan gaya refleks menjatuhkan badan. Semoga tidak cepat rusak ya gara-gara sering jatuh.



RoboCup - Robot Sepakbola 

Robot juga butuh istirahat

Di pergantian babak, biasanya para pemain bola butuh istirahat untuk turun minum. Namun untuk robot-robot ini, mereka butuh istirahat untuk turun nge-charge! mengisi energi baterai.



RoboCup - Robot Sepakbola 

Siap menantang manusia tahun 2050?


RoboCup punya cita-cita bombastis. Para pencipta robot itu meramalkan pada tahun 2050 akan mampu menandingi kemampuan sepakbola manusia. Dan rencananya pada tahun 2050 mendatang mereka akan diadu dengan manusia. 


Sebelum menjawab apakah mereka layak menantang manusia tahun 2050 nanti, mari kita saksikan dulu aksi robot sepakbola ini. Video yang menggambarkan aksi gerakan-gerakan lengkap mereka dalam menendang, jatuh, bangkit, lari, bertahan dan sistem kerja lainnya.. Cekidot, ini menarik.(sumber : sepaxbola.info,boladia.blogspot.com)

 

Copyright © More Than Just Information Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger