11 Fakta Menarik dalam Sejarah Piala Oscar




Jakarta - Academy Awards atau Piala Oscar merupakan ajang penghargaan paling prestisius dalam industri film di Amerika Serikat dan dunia. Ada banyak fakta menarik terkait dengan ajang yang digelar sejak 1929 itu. Apa saja?
1. Shirley Temple adalah peraih Oscar termuda. Ia menerima penghargaan tersebut pada 1934. Saat itu usianya baru menginjak 5 tahun.


2. Nama 'Oscar' diberikan oleh pustakawan Academy, Margaret Herrick. Saat melihat patung Oscar pada 1931 ia mengatakan, "Mengapa mirip Paman Oscar!" Nama lengkap paman Margaret adalah Oscar Pierce.


3. Patung piala Oscar beratnya sekitar 3 kilogram dan tinggi 34 centimeter.


4. Selama hidupnya, Walt Disney telah mendapatkan 26 Piala Oscar.


5. Greer Garson memegang rekor pidato terpanjang dalams sejarah Academy Awards. Saat itu ia menerima penghargaan Aktris Terbaik lewat film 'Mrs Miniver' (1942). Greer membacakan pidatonya selama 6-7 menit.


6. George Burns adalah aktor tertua yang menerima Oscar untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik lewat film 'The Boys Sunshine'. Saat menerima penghargaan tersebut, ia telah berusia 80 tahun. Setelah George, Jessica Tandy memenangkan 'Aktris Terbaik' pada usia 81 tahun untuk 'Driving Miss Daisy'.


7. Tiga film yang telah memenangkan 11 Piala Oscar dalam satu acara dengan kategori yang berbeda adalah 'Lord of the Rings: Return of the King' (2003), 'Titanic' (1997) dan 'Ben Hur' (1959).


8. Fran Walsh adalah satu-satunya wanita yang memenangkan tiga Oscar dalam satu waktu. Dia memenangkan penghargaan tersebut lewat film 'The Lord of the Rings: The Return of the King' (2003).


9. Pada 1972, Marlon Brando berperan sebagai Don Vito Corleone dalam 'The Godfather'. Dua tahun kemudian, Robert De Niro memerankan karakter yang sama di 'God Father II'. Mereka adalah dua aktor yang memainkan karakter yang sama dalam dua film yang berbeda, dan memperoleh Academy Awards.


10. Hattie McDaniel adalah aktor kulit hitam pertama yang, untuk mendukung penampilannya di 'Gone with the Wind' (1939), memenangkan Academy Awards.


11. 'I Need to Wake Up' (musik dan lirik oleh Melissa Etheridge) dari 'An Inconvenient Truth' (2006) adalah satu-satunya lagu dari sebuah film dokumenter yang memenangkan Oscar dalam kategori Best Original Song. Film itu juga menang di kategori Documentary Feature.


Sumber
 

Copyright © More Than Just Information Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger