Makan Tanah Bisa Membuat Otak Anak Pintar?

Anak-anak suka sekali bermain diluar namun tidak perlu kawatir lagi. Kabar baik bagi para orang tua yang selalu mengkhawatirkan kebersihan anaknya. Ternyata, ada bakteri di tanah yang dapat membuat anak lebih pintar jika terhirup atau termakan.


Studi baru menunjukkan sisi positif bakteri soil-borne yang mungkin terhirup anak ketika bermain di luar. Ilmuwan menemukan, tikus yang diberi makan bakteri tanah Mycobacterium Vaccae ini dapat keluar dari labirin kompleks dua kali lebih cepat dibanding tikus yang tidak diberi makan bakteri ini.

Riset ini didukung oleh Program Manager Kidsafe NSW Playground Advisory Unit Kate Fraser. Dukungan ini menjadi alasan lain bagi anak agar mereka diberi semangat untuk mau bermain di luar dan menjadi kotor.


Diyakini bakteri itu meningkatkan tingkat serotin, mengurangi kegelisahan, dan membantu menstimulasi pertumbuhan neuron otak. Fraser mengatakan, bermain dengan tanah baik, namun orang tua harus mewaspadai tanah yang tercampur tembikar karena berisi bakteri berbahaya. ”Namun, selama petunjuk keamanan diikuti, hal tersebut dapat menjadi pengalaman besar,” katanya.
 

Copyright © More Than Just Information Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger